Selasa, 14 Juni 2011

Skripsi : Analisis Vegetasi Mangrove Di Pesisir Pantai Utara Kabupaten Gorontalo Utara


ABSTRAK


IMANUEL RURUH (2643036) “ANALISIS VEGETASI MANGROVE DIPESISIR PANTAI UTARA KABUPATEN GORONTALO UTARA”
Pada lokasi hutan mangrove Desa Bulalo dan Desa Dambalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Urara, dibimbing oleh Bapak Sofyan Abdullah SP.MP dan Bapak Iswan Dunggio, SP.MSi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi vegetasi mangrove di pesisir pantai Utara Kabupaten Gorontalo Utara dan untuk mengetahui kekayaan jenis pada hutan mangrove, berlangsung dari bulan Maret sampai dengan Mei 2010.
Metode penelitian ini digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey vegetasi dengan pengumpulan data menggunakan cara plot. Analisis data menggunakan formulasi matematika dengan pembahasan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks keanekaragaman jenis pada vegetasi mangrove di Desa Bulalo Kecxamatan Kwandang adalah           HI  = 1,9008 dan untuk Desa Dambalo adalah HI  = 1,7985, menurut Shannon-Wiener dalam Fachrul ; 2006 bahwa keanekaragaman spesies cukup melimpah.
Oleh karena itu untuk kelangsungan hidup vegetasi mangrove di Kecamatan Kwandang pada umumnya dan Desa Bulalo, Desa Dambalo pada khususnya, perlu dilakukan penyuluhan, pembinaan dan pengawasan, serta dilakukan rehabilitasi pada areal yang kosong dan dilakukan pengkayaan tanaman pada areal yang kurang tanaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar